PEKANBARU - Presiden LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Jusuf Rizal melakukan pelantikan sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Riau dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di lima kabupaten/kota Provinsi Riau, Rabu (5/8/2020). DPD yang dilanti, yaitu Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru.

Usai melantik, Rizal mengatakan pelantikan kepengurusan ini diharapkan akan memperkuat program-program yang telah dibuat dan akan dikembangkan untuk memihak kepada kepentingan dan hak masyarakat kedepannya. Salah satunya, adalah pengawasan bantuan Covid-19 dan pemberantasan narkotika.

"Tujuan kita ingin mengembangkan program yang berpihak kepada masyarakat, seperti memerangi Covid-19. Dan kedepan kita akan membangun kerjasama dengan BNN untuk bersinergi dalam memberantas narkoba," ujarnya, Rabu (5/8/2020).

Selain itu, ia mengatakan bahwa LSM LIRA ini akan membentuk organisasinya hingga ke tingkat desa. Hal ini agar program pengawasan yang dilakukan lebih efektif.

"Kita akan konsolidasi sampai ke tingkat lurah, yaitu di tingkat desa, agar program kita mengawasi kinerja PKH, mengawasi dana desa, dana BLT, dana bantuan Covid-19 bisa lebih efektif, lebih terpantau," paparnya.

Sementara itu, Gubernur LIRA Provinsi Riau Harmen Fadli menambahkan bahwa LSM ini tak akan segan mengkritik kebijakan pemerintah yang dinilai merugikan hak masyarakat. Namun, LIRA juga akan bersikap sportif dan mendukung kebijakan pemerintah yang baik bagi masyarakat.

"Kita sifatnya mengontrol (kebijakan, red) Pemprov Riau. Ketika pemerintah melakukan kesalahan, kita akan memberikan kritik dengan cara yang sopan, tetapi jika pemerintah benar kita akan beri dukungan," terangnya.

Ia juga menjelaskan bahwa selain mengawasi program pemerintah, LIRA sebagai LSM juga mempunyai berbagai program untum turut menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Diantaranya dengan program UMKM dan berbagai program di bidang sosial lainnya.***