PALU - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura membuka Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) Zona V Tahun 2022 yang dipusatkan di Gelora Bumi Kaktus (GBK) Jl Yos Sudarso No 8, Talise, Kota Palu, Sulteng, Selasa (8/11/2022) pagi. Dari Kemenpora hadir Asisten Deputi Pembibitan dan IPTEK Olahraga Kemenpora Bayu Rahadian.

Dalam sambutannya Asdep Bayu Rahadian, mengucapkan apresiasi yang setingginya, kepada Gubernur Sulteng dan jajaran Pemda, sekaligus menyampaikan permohonan maaf ketidakhadiran Menpora dan Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga yang dalam waktu bersamaan ada kegiatan lain yang tidak dapat ditinggalkan.

"Pertama-tama, izinkan kami menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Menpora Zainudin Amali dan Bapak Plt Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Raden Isnanta, yang berhalangan hadir dikarenakan sedang ada kegiatan lain yang tidak dapat ditinggalkan sehubungan dengan Raker bersama Komisi X DPR RI di Jakarta. Terlebih dari itu, kami mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya dan terima kasih kepada Bapak Gubernur Sulawesi Tengah, beserta jajarannya, yang telah menyiapkan pelaksanaan Pra Popnas Zona V dengan sungguh-sungguh," ucapnya.

Selain itu, menilik Tema Pra Popnas: “Berprestasi Untuk Negeri” dipandang penyelenggaraan Pra Popnas Zona V Tahun 2022 ini selaras dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang telah dicanangkan dan digencarkan Kemenpora dan berpayung hukum Perpres No 86 Tahun 2021 serta menjadi ruh UU No 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

"Pra POPNAS ini sudah sesuai dengan DBON, yang diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet muda potensial untuk pembangunan keolahragaan nasional di masa depan," katanya.

"Tentu saja semuanya akan bermuara untuk kemajuan olahraga Indonesia, yaitu kompetisi yang berjenjang dan berkesinambungan," imbuhnya.

Tidak lupa dipesankan kepada para atlet yang membanggakan, bahwa kejuaraan ini adalah bagian dari proses pembinaan jangka panjang yang harus ditekuni, dimanfaatkan dengan baik demi mimpi berprestasi gemilang di ajang yang lebih prestisius.

"Jalan masih panjang, kejuaran demi kejuaraan telah menanti kalian di depan, berlatihlah dengan serius dan disiplin, semoga ke depan kalian dapat lebih berprestasi daripada kakak-kakak kalian yang telah meraih prestasi di tingkat nasional, regional, dan internasional," pesannya.

Sebagai informasi, Pra POPNAS Zona V ini merupakan ajang kualifikasi menuju POPNAS tahun depan, digelar 8-11 November 2022, dengan peserta dari Provinsi Sulawesi Tengah sebagai tuan rumah, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Papua dan Papua Barat. ***