TAVULLIA - Pebalap Valentino Rossi positif mengidap Covid-19. Rossi mengabarkan dirinya mengidap Covid-19 di akun media sosial pribadinya, Kamis (15/10/2020) malam WIB).

Dikutip dari detikcom, Rossi awalnya merasakan demam pada pagi hari dan langsung menjalani tes polymerase chain reaction (PCR).

''Tes kilat PCR, seperti yang saya lakukan pada Selasa, hasilnya negatif. Tapi salah satu hasilnya, yang dikirim pada pukul 16.00, amat disayangkan hasilnya positif,'' ujar Rossi via Insta Story miliknya.

Pebalap 41 tahun selanjutnya harus menjalani isolasi mandiri di rumahnya di Tavullia, Italia. Juara dunia sembilan kali itu diawasi ketat oleh staf medis yang terus meninjau kondisinya setiap hari.

Akibat Covid-19 itu, Rossi dipastikan tak bisa mengikuti balapan di MotoGP Aragon, Ahad (18/10). Kondisi yang dialami pria Italia itu juga menjadi berita buruk buat tim Yamaha.

Lin Jarvis, bos tim Yamaha, menyampaikan simpatinya atas kondisi kesehatan Rossi yang mengidap Covid-19. Dia dan seluruh tim mendoakan The Doctor bisa lekas pulih sepenuhnya, sembari memastikan jika penyakit yang diidap ridernya itu tak menular ke staf tim Garpu Tala lainnya.

''Ini adalah berita yang sangat buruk untuk Valentino dan juga tim Monster Energy Yamaha MotoGP, serta untuk semua penggemar MotoGP di seluruh dunia. Pertama dan terpenting, kami berharap Valentino tak terlalu menderita dalam beberapa hari mendatang dan bisa pulih sepenuhnya dalam waktu singkat,'' kata Jarvis, dilansir dari laman resmi MotoGP.

''Ini menjadi pukulan kedua bagi kami, setelah absennya Pemimpin Proyek Sumi-san dan lima mekanik di Le Mans setelah satu anggota dites positif - meskipun untungnya tak menunjukkan gejala sama sekali. Dua insiden ini mengingatkan kita bahwa tak peduli seberapa hati-hatinya anda, risiko selalu ada - sebagaimana kita lihat dari meningkatnya angka penularan di Eropa kali ini,'' dia menambahkan.

''Kami sudan memeriksa ke otoritas kesehatan Italia dan kami telah diberi tahu bahwa setiap anggota tim kami yang melakukan kontak dengan Valentino sampai Senin kemarin tidak terpapar risiko secara langsung. Kendati demikian, kami akan lebih memperhatikan lagi mulai sekarang guna meminimalkan kemungkinan masalah di masa depan,'' demikian kata Lin Jarvis soal kondisi Valentino Rossi dan tim Yamaha.***