JAKARTA - Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua tahun 2021 harus sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan sukses administrasi.

Hal itu disampaikan Menpora Zainudin Amali pada acara penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) Kemenpora dengan Panitia Besar (PB) PON XX dan PB Peparnas XVI Papua Tahun 2021 terkait penyaluran Bantuan Pemerintah atas Dana Tambahan APBN untuk penyelenggaraan PON dan Peparnas di Auditorium Kemenpora, Senin (27/9/2021) sore.

“Saya berpesan, khususnya kepada teman-teman Kemenpora agar pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI, sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan sukses administrasi,” harap Menpora Amali.

Sebab, menurut Menpora Amali, bila prestasi dan penyelenggaraannya saja yang sukses, sementara administrasi kegiatan tidak sukses, misalnya terkait laporan pengguanaan keuangan dalam kegiatan tersebut. Maka, bisa berakibat pada masalah hukum suatu saat nanti.

Dengan penandatanganan kerjasama yang disaksikan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen dan Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Menpora Amali mengingatkan jangan sampai pekerjaan adminitrasi yang dilakukan PB PON dan Peparnas maupun Kemenpora sembrono.

“Kehadiran beliau-beliau pada saat penandatanganan kerjasama ini membuat kita tenang, membuat kita aman, dengan catatan kita kerjakan sesuai dengan prosedur yang benar,” pungkasnya.

Terkait penyelenggaraan, Menpora Amali optimistis Papua bisa menjadi tuan rumah yang baik dan akan sukses menyelenggarakan PON dan Peparnas. Hal itu berdasarkan pantauannya secara langsung saat beberapa kali meninjau venue-veneu PON di empat kluster di Papua.

“Saya berharap PB PON dapat melaksanakan itu dan pasti bisa. Karena beberapa kali ke Papua baik itu di Jayapura, kabupaten maupun kota, di Mimika dan Merauke. Semua sudah dalam keadaan siap,” ujarnya.

Bahkan, sebagai komitmen mensukseskan PON XX, Menpora Amali sudah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo untuk berkantor di Papua selama PON dan Peprnas berlangsung.

“Saya akan mendampingi PB PON dan PB Peparnas selama berlangsung kegiatan ini. Mudahan-mudahan PON dan Peparnas Papua sukses. Sukses Papua adalah sukses Indonesia,” harapnya.

Hadir dalam acara ini, Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda, Ketua Harian PB Peparnas Doren Wakerkwa, Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen, Dr. Sunarta, S.H, M.H, Direktur Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Drs. Djoko Poerwanto, Deputi Bidang PIP Polsuskam BPKP, Deputi Bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah LKPP, dan Direktur Pelaksanaan Anggaran DJA Kemenkeu dan Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Chandra Bhakti dan jajaran Kemenpora. ***