PEKANBARU - Pasangan Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota Dumai, Hendri Sandra - Rizal Akbar dipastikan akan berlayar di Pilkada Kota Dumai 2020 usai mendapatkan dukungan dari dua partai.

Dua partai tersebut adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Partai Gerindra sendiri memiliki tiga kursi di DPRD Dumai dan PDIP punya empat kursi.

Jika digabungkan, pasangan ini akan berlayar dengan total 7 kursi. Sementara syarat untuk melaju ke Pilkada Dumai adalah 6 kursi, 20 persen dari total 30 anggota DPRD Kota Dumai.

Meski sempat diisukan adanya penarikan dukungan dari PDIP, namun nyatanya pasangan ini tetap mendapatkan restu dari Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Dumai kita tetap Hendri Sandra- Rizal Akbar, koalisi dengan Gerindra," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Riau, H Zukri kepada GoRiau.com, Kamis (3/9/2020).

PDIP mendukung Hendri Sandra dan Rizal Akbar. Rizal Akbar disebut Zukri pernah menjadi anggota DPRD Riau dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

"Pasangan ini adalah nasional agamis, InsyaAllah Pak Hendri Sandra akan jadi kader PDIP. Pak Rizal Akbar ini dulunya salah satu anggota DPRD Riau dari PKB," kata Zukri, Selasa (11/8/2020) saat penyerahan surat rekomendasi untuk 6 Paslon Pilkada serentak di Riau.***