SELATPANJANG - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H. Sad Hasyim berkomitmen untuk meningkatkan pemanfaatan potensi Perikanan di Kepulauan Meranti, untuk mewujudkannya diperlukan kinerja aparatur yang profesional dalam menjalankan tupoksi masing-masing. Salahsatu yang menjadi fokus Wabup adalah tenaga teknis dan penyuluh perikanan sebagai ujung tombak pembinaan nelayan diwilayah Kepulauan Meranti.

"Saya minta petugas perikanan lebih efektif dilapangan baik penyuluh, pembantu maupun statistik," ujar Wabup saat memberikan pengarahan kepada Pegawai Dinas Perikanan Meranti, di kantor Dinas Perikanan, Kamis (10/10/2019).

Turut hadir dalam pertemuan itu, Kepala Dinas Perikanan Meranti Ir. Anwar Zainal, para Kabid, Tenaga Penyuluh Perikanan dari dana APBN, Tenaga Statistik, Tenaga Teknis Budidaya Perikanan dan lainnya.

Menurut Wabup Said Hasyim, untuk memanfaatkan potensi perikanan tidak terlepas informasi dan data-data  real dilapangan yang dihimpun oleh para penyuluh perikanan. Data-data itu nantinya sebagai bahan evaluasi bagi Dinas terkait untuk menyusun program jitu penanggulangan kemiskinan disektor Perikanan. Dan yang tak kalah penting untuk mengetahui program-program yang dianggap tidak efektif.

"Kita tidak ingin program yang dijalankan tidak berdampak apa-apa bagi kesejahteraan masyarakat nelayan," ucap Wabup.

Dan ia menegaskan tidak ingin kegagalan sebuah program dikambing hitamkan pada nelayan karena nelayan hanya mengikuti bimbingan petugas sesuai denga tupoksinya.

Dengan begitu pentingnya tugas dari para penyuluh, dalam rangka efektifitas dan optimalitas pelaksanaan tugas Wabup Said Hasyim mengintruksikan kepada seluruh petugas penyuluh berkantor di Kecamatan sesuai dengan wilayah tugasnya masing-masing.

"Saya minta semua penyuluh perikanan berkantor di Kecamatan bukan di Dinas Perikanan," ujar Wabup.

Dengan kinerja PPL Perikanan yang optimal, Wabup berharap semua data-data valid tentang perikanan daerah seperti jumlah nelayan perikanan tangkap, budidaya secara byname byaddres dapat tersedia.

Jika data valid perikanan tesedia dan potensi perikanan Kepulauan Meranti berhasil dikembangkan melalui program yang tepat Wabup meyakini potensi perikanan Meranti dapat dikebangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk menekan angka kemiskinan di Meranti dimana sesuai data 60-70 persen berada disektor perikanan.***