PEKANBARU, GORIAU.COM - Meski gagal menyumbang emas di PON XVIII 2012, namun petinju wanita Riau Warni Halawa tetap dipanggil PP Pertina untuk mengikuti pelatnas guna menghadapi SEA Games Myanmar 2013 mendatang. Warni direncanakan akan turun di kelas 51 kg putri. Selain Warni di kelas yang sama juga dipanggil petinju asal Sumatra Utara, Nurmala Deli.

Menurut Wakil Sekjen PP Pertina, Martinez dos Santos, seluruh petinju yang dipanggil ke Pelatnas SEA Games harus segera memasuki pelatnas yang digelar di kawasan Mega Mendung, Puncak, Bogor.

''Pada tahap awal mereka memang akan menjalani latihan fisik di kawasan Puncak Bogor yang memiliki udara sejuk,'' ujar Martinez di Jakarta, Selasa (8/10/2012).

Sebelumnya, PP Pertina memanggil 44 petinju untuk mengikuti pelatnas, di mana 30 petinju di antaranya untuk SEA Games 2013 di Myanmar dan 14 petinju lainnya merupakan petinju remaja yang diproyeksikan untuk mengikuti kejuaraan dunia di Armenia.

Sedianya PP Pertina mempersiapkan 15 kelas untuk mengikuti SEA Games, masing-masing 9 kelas untuk kategori putera dan 6 kelas untuk kategori puteri, di mana setiap kelas akan diwakili oleh dua petinju sehingga jumlahnya menjadi 30 orang. Untuk kelas 91 kg tidak dipertandingkan sehingga PP.Pertina tidak melakukan pemanggilan petinju di kelas tersebut.

Dengan demikian, petinju putera yang akan mengikuti pelatnas SEA Games hanya 8 kelas, mulai dari kelas 49 kg sampai dengan kelas 81 kg. Sementara untuk kelompok puteri, tidak ada perubahan. (nti/rsc)