KUPANG - Peserta Gowes Sepeda Nusantara yang bertema Kupang Membangun Indonesia membludak di Kupang. Ini bisa dilihat dengan kehadiran ribuan pesepeda yang memadati halaman kantor Kepolisian Resort (Polres) Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (15/9/2018).

"Untuk pertama kalinya start sepeda dari halaman Markas Polres. Ini sangat baik sekali. Aparat keamanan adalah bagian dari masyarakat dan bersinergi dengan masyarakat untuk mempererat persaudaraan," ujar Kepala Biro Humas dan Hukum Kemenpora, Sanusi di Kupang.

Program yang bertujuan untuk menggalakkan dan membudayakan olahraga khususnya bersepeda kepada masyarakat ini digagas Deputi Pembudayaan Olahraga melalui Asisten Deputi Olahraga Rekreasi Kemenpora yang dimulai dengan senam poco-poco nusantara dipandu oleh tim Kemenpora yang diikuti oleh seluruh peserta.

Sanusi yang mewakili Menpora Imam Nahrawi menyambut baik pelaksanaan Sepeda Nusantara 2018 di kabupaten yang berbatasan dengan Atambua itu. "Masyarakat sangat antusisas dan berbondong-bondong untuk mensusksekan event gowes. Hal ini juga sejalan dengan momentum peringatan Hari Olahraga Nasional yang baru saja kita peringati. Tentunya kami berharap olahraga lebih memasyarakat lagi di Kupang. Kita ingin masyarakat Kupang tak hanya sehat dan bugar, namun olahraga juga dapat menjadi gaya hidup yang akan menghasilkan bibit-bibit olahragawan yang akan berkontribusi untuk prestasi olahraga nasional," ujarnya.

Penjabat Sekda Kupang Jhoni Machlon Namoseon pada kesempatan yang sama mengakui masyarakat Kupang sangat bangga ditunjuk menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan Sepeda Nusantara 2018.

"Event ini sesuatu yang baru bagi kami. Terima kasih kepada Menpora yang telah memberikan perhatian kepada Kupang khususnya dan NTT umumnya untuk melaksanakan event Sepeda Nusantara dan juga event Gala Desa," ujarnya.

Kadispora Kabupaten Kupang Seprianus Lau menjelaskan, rute Sepeda Nusantara menempuh jarak sejauh 15 kilometer. Start dimulai dari Mako Polres Kupang (Babau) dengan menyusuri jalan Timor Raya menuju Yonif 743 kompleks TNI AD, peserta kemudian masuk kompleks Civic Center untuk menuju garis finish di Kantor Bupati Kupang.

"Kami mencatat sebanyak 2.000 menjadi peserta gowes ini mulai dari siswa Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), kemudian prajurit dan keluarga besar TNI dan Kepolisian, SKPD Kabupaten Kupang dan instansi terkait lainnya ditambah dengan komunitas dan klub-klub sepeda yang datang dari berbagai kabupaten sekitar kota Kupang," katanya.