PEKANBARU - Dalam menghadapi Pemilu Serentak 2024, sejumlah partai melakukan rekrutmen kader dengan berbagai cara, ada yang menggencarkan KTAnisasi ataupun menggelar rekrutmen terbuka disertai dengan pengenalan partai.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Provinsi Riau, Hardianto, mengakui pihaknya juga tengah melakukan pendekatan ke masyarakat melalui program KTAnisasi.

"Salah satu indikator partai itu besar adalah berapa banyak kader yang tercatat, termasuk juga kami di Gerindra, kami juga sedang menggencarkan program pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) ini," ujar Hardianto, Minggu (17/10/2021).

Dia menjelaskan, KTAnisasi merupakan program yang menyasar grassroot, sehingga yang perlu diperhatikan adalah merapikan struktur-struktur kepartaian hingga ke tingkat paling bawah.

"Dan yang paling bersinggungan langsung dengan grassroot, ini adalah pengurus ranting, makanya kami mau memperkuat struktur di ranting," tuturnya.

Sejumlah pengurus ranting, lanjut Hardianto, juga mulai bergerak, meskipun tidak terlalu masif hingga ratusan KTA, palingan hanya belasan atau puluhan saja. Ini dilakukan partai sembari memperkuat struktur-struktur jaringan pengurus di tingkat ranting lainnya.

"KTA-nisasi ini sudah tersentralisasi, jadi masing-masing DPC dan DPD ada aplikasi yang terintegrasi," tutupnya. ***