PEKANBARU - Cita-cita Koalisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pilkada Indragiri Hulu akhirnya terwujud usai PKB menyerahkan langsung dokumen B1-KWK kepada Pasangan Rizal Zamzami - Yoghi Susilo.

Sebelumnya, koalisi memiliki dua opsi yakni menyandingkan Kader PKB Ade Agus Hartanto dengan kader PKS Rizal Zamzami atau Rizal Zamzami dengan kader PKB Yoghi Susilo.

Namun, kedua partai akhirnya sepakat mengusung Rizal Zamzami - Yoghi Susilo di Pilkada Inhu untuk maju di Pilkada Inhu.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Riau, Abdul Wahid mengatakan, untuk Inhu pihaknya sudah menyerahkan dokumen B1-KWK kepada Pasangan ini di Kantor DPW PKB Riau, Kamis (3/9/2020).

"Untuk Inhu sudah selesai, kita mengusung Rizal Zamzami dan Yoghi Susilo. Tadi penyerahan dukungannya," kata Wahid kepada GoRiau.com.

Sebelumnya, pasangan ini juga sudah mendapatkan dokumen yang sama dari PKS usai Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemenangan Pemilu PKS secara virtual se-Indonesia.

Pasangan ini ikut bersama dengan 7 Paslon lainnya yang diusung oleh PKS di Pilkada serentak Riau. Minus Paslon di Pilkada Rokan Hilir karena dinamika perpolitikan masih bergulir kencang.

Rencana pembentukan koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Pilkada Indragiri Hulu diyakini bisa menjadi kekuatan yang besar dalam menghadapi kubu Petahana.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PKS, Markarius Anwar mengatakan, secara prinsipnya PKS dan PKB merupakan sama-sama partai Islam, namun kelompok Islam keduanya cukup berbeda.

"Yang satu dekat dengan kelompok Islam tradisional, yang satu lagi dekat dengan Islam modern. Ini peta menarik, jadi secara basis sudah cukup melingkupi," kata Politisi yang biasa disapa Eka ini kepada GoRiau.com, Minggu (19/7/2020).

Adapun Pilkada Inhu akan diikuti oleh 5 Paslon, berikut nama-namanya:

1. Rezyta Meylani (Istri Bupati Yopi)-Junaidi Rahmad diusung Golkar dan Nasdem.

2. Siti Aisyah-Agus Rianto diusung Gerindra, Berkarya, dan PPP.

3. Wahyu Adi-Supriati diusung PDIP, Demokrat, Perindo, dan PAN.

4. Rizal Zamzami-Yogi Susilo diusung PKS dan PKB.

5. Nurhadi - Toni maju lewat jalur independen. ***