JAYAPURA - Hingga Minggu (3/10/2021), Riau turun peringkat ke posisi kedelapan setelah sehari sebelum bertengger di peringkat 6 berdasarkan perolehan medali sementara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, yang akan berlangsung hingga 15 Oktober 2021 mendatang. Hingga saat ini, Riau memperoleh 15 medali dengan rincian 5 emas, 5 perak dan 5 perunggu.

Situs resmi games.ponxx2021papua.com, menunjukkan, Provinsi Riau berselisih 6 medali dari Provinsi Sumatera Utara yang memiliki 21 medali, yakni 5 emas, 8 perak dan 8 perunggu yang membuatnya melangkahi Riau di posisi ke tujuh. Sementara, Sulawesi Selatan menyusul di posisi kesembilan dengan total medali 8, terdiri dari 2 emas, 3 perak dan 3 perunggu.

Adapun perolehan emas Provinsi Riau diantaranya disumbangkan oleh Cabor Dayung di Nomor Kayak Putra 1.000 meter dan Nomor Kayak Putra 200 meter oleh Maizir, serta Nomor Canoe Slalom oleh Nopriadi. Sementara di Nomor Kayak Putri 1.000 meter dan 200 meter mendapatkan 2 perak oleh Raudani.

Kemudian, emas juga datang dari perlombaan senam. Satu emas diraih oleh tim putra beregu, satu emas oleh tim putra di nomor all around beserta satu perak, dan sementara 1 perunggu di raih oleh tim putri beregu.

Sementara itu, Senam juga kembali menyumbangkan satu perak dan satu perunggu. Satu perak diperoleh Muhammad Tri Saputra di Nomor Artistik Kuda-kuda Pelana. Sedangkan perunggu diraih oleh Muhammad Afrizal di Nomor Artistik Gelang-gelang.

Selanjutnya, Cabor Wushu menyabet dua perunggu yang diperoleh dari kelas 48 kilogram oleh Pernando Sitompul dan kelas 70 kilogram oleh Wira Swandi Gea di nomor putra.

Cabor Perserosi atau sepatu roda juga menyumbangkan perunggu untuk Nomor Putra ITT 300 meter. Dan perolehan perak terakhir di raih oleh Cabor Muaythai atas nama Oqta Simorangkir. ***