PEKANBARU - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan ke-72 di halaman Kantor Gubernur Riau.

Dalam upacara yang mengusung tema "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri" itu, pria yang akrab dipanggil Andi Rachman ini menyampaikan dua hal yang membentuk persatuan yakni adanya harapan dan pengorbanan.

"Harapan dan pengorbanan itulah membentuk persatuan dan melahirkan Indonesia, merawat eksistensinya dalam panggung sejarah bangsa dan harus dinyalakan agar Indonesia tetap berdiri tegak," ujarnya saat memberikan amanat upacara di Kantor Gubernur Riau, Jumat (10/11/2017).

Ia juga menyampaikan bahwa harapan akan masa depan yang baik telah ditambatkan dalam pemerintahan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla melalui transformatif mengarahkan dan menggerakkan elemen Republik Indonesia.

Sebagai pengingat kembali, orang nomor satu di Riau itu sempat menuturkan cikal bakal peringatan Hari Pahlawan di Indonesia yang bermula dari peristiwa panjang pertempuran pertama setelah proklamasi kemerdekaan RI di Surabaya pada tanggal 10 November 1945.

"Pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan diri sendiri, pahlawan lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun bagi negeri ini," tutupnya.***