SIAK SRI INDRAPURA - Lebih kurang 2.500 orang mengikuti Apel Hari Ulang Tahun (HUT) ke 69 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di lapangan Tugu Istana Siak yang dipimpin langsung oleh Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi.

Dalam peringatan hari jadi Satpol PP itu ada 4 agenda lain yang juga dilaksanakan bersamaan yakni, memperingati HUT ke-57 Satlinmas, Pelantikan Satlinmas se-kabupaten Siak, Apel akbar Linmas PAM TPS dan Simulasi Sispam Kota.

Dalam sejarah, Satuan Polisi Pamong Praja yang dahulu kala dikenal dengan sebutan Bailluw adalah sebuah organisasi yang sangat erat dengan masyarakat. 

Karena fungsi utamanya adalah menjaga ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, telah mengalami beberapa kali perubahan nama sesuai dengan perkembangannya. 

Ads
Polisi Pamong Praja pertama kali dibentuk di Daerah lstimewa Yogyakarta dengan nama Detasemen Polisi Penjaga Kapanewon. 

Namun demikian tidak sampai sebulan, berdasarkan Perintah Jawatan Praja Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 2 Tahun 1948 tanggal 10 Nopember 1948, nama Detasemen Polisi Penjaga Kapanewon dirubah menjadi Detasemen Polisi Pamong Praja. 

Seiring dengan berjalannya waktu, bila ditelaah dari sisi kependudukan, maka masyarakat dalam suatu wilayah selalu tumbuh dan berkembang. 

Hal ini mengakibatkan perlu adanya pengaturan yang lebih baik dari sisi pemerintah untuk dapat mengantisipasi segala macam tantangan yang bermuara pada terancamnya ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat di wilayah kerjanya. 

Berdasarkan hal tersebut, Menteri Dalam Negeri pada tanggal 3 Maret 1950 mengeluarkan Surat Keputusan Nomor UR 32/2/21 tentang Perubahan Nama Detasemen Polisi Pamong Praja Menjadi Satuan Polisi Pamong Praja. 

Surat Keputusan tersebut menjadi dasar peringatan Hari Jadi Satuan Polisi Pamong Praja yang diperingati setiap tanggal 3 Maret.

Bupati Siak, Drs H Alfedri dalam arahannya membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri RI. Peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas ini untuk meneruskan semangat juang aparatur dalam melindungi dan menjaga masyarakat. 

Peran penting Satpol PP ini dibentuk untuk menegakkan peraturan daerah dan peraturan Kepala Daerah. Begitu juga dengan Satlinmas yang memiliki peran handal untuk menjaga keamanan di masyarakat. 

"Dalam waktu dekat, akan dilaksanakan Pemilu serentak. Mari bersama-sama kiga jaga kualitas pelaksanaan pemilu ini, menjadi barisan terdepan melawan racun demokrasi ini, lawan money politik dan tindak kecurangan lainnya," sebut Alfedri. 

Dalam acara tersebut nampak hadir Kapolres Siak, Kepala Pengadilan Siak, sejumlah Asisten di lingkup Pemkab Siak, Kepala OPD, ASN, honorer, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh perempuan. ***