PEKANBARU, GORIAU.COM - Persatuan Berburu dan Menembak Indonesia (Perbakin) Riau mencanangkan penambahan pengcab/pengkab di daerah yang ada di Riau. Wacana tersebut akan menjadi topik bahasan pada rapat kerja (rakerda) Perbakin Riau di Hotel Grand Elite, Pekanbaru, 29 November mendatang.

Saat ini Perbakin Riau baru memiliki empat pengcab/pengkot di Riau, diantaranya Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Pelalawan. Pengcab Perbakin Siak sendiri baru dibentuk. Penambahan beberapa pengcab/pengkot bertujuan mengejar target Perbakin Riau dalam mencari bibit-bibit atlet yang siap berkiprah di dunia cabang menembak Riau.

Sekretaris Umum Pengprov Perbakin Riau, Sudarman Umar mengatakan, saat ini Riau membutuhkan sosok-sosok atlet menembak yang masih segar. ''Karena seperti diketahui, hampir seluruh atlet menembak Riau yang diturunkan di PON XVIII merupakan kategori senior yang tidak akan lama menjadi atlet lagi,'' ujarnya.

Untuk itu sasaran utama Perbakin Riau yang saat ini dinakhodai Dedi Handoko ingin melebarkan sayap ke kabupaten/kota di Riau. ''Keterbatasan pengcab/pengkot cukup menyulitkan Perbakin Riau untuk memunculkan bibit-bibit atlet cabang menembak Riau. Mudah-mudahan program ini bisa segera direalisasikan,'' lanjut Sudarman.

Dalam Rakerda ini nantinya juga akan dibahas penyempurnaan program-program Perbakin Riau yang jika memang ada perlu direvisi. Begitu juga program untuk meningkatkan prestasi dan organisasi. (nti/rsc)