BENGKALIS - Bengkalis, sebuah pulau di jajaran Selat Melaka, sudah berjuang melawan kolonial Belanda jauh sebelum Indonesia merdeka. Daerah dengan dukungan penduduk yang pemberani itu ikut berjuang mengusir penjajah meski dengan senjata alakadarnya.

Sejarah kepahlawan dan keberanian itu, salah satunya ada pada Perang Sosoh yang sudah menjadi cerita turun temurun dari warga tempatan. Kini kisah itu diangkat ke layar lebar lewat sebuah film berjudul ''Perang Sosoh''.

Pada film itu diceritakan keberanian warga Desa Pedekik, Bengkalis yang bersama-sama dengan tentara rakyat, berjuang bersama mengusir Belanda dari Desa Pedekik.

Film berdurasi 30 menit itu disutradarai oleh oleh seorang seniman yang berasal dari Bengkalis yaitu Musrial Mustafa yang juga pencipta lagu Negeri Junjungan, sementara pemerannya umumnya adalah pemuda, tokoh dan warga Pedekik.

Untuk perdana, film ini ditayangkan sebagai perayaan HUT ke-73 Republik Indonesia di MTs Nurul Jadid Desa Pedekik, Minggu malam 26 Agustus 2018. ***