BATHINSOLAPAN - Seluruh pengurus dan anggota Pemuda Pancasila (PP) serta Komando Inti (Koti) di Kabupaten Bengkalis dikenal disiplin dan berperan aktif pada kegiatan di masyarakat, baik sosial maupun kegiatan pemerintahan.

Spontanitas Pemuda Pancasila dapat terlihat dalam acara syukuran Kecamatan Bathin Solapan di halaman Kantor Desa Sebangar, Sabtu siang (18/11/2017).

Mereka turun langsung mengatur lalu lintas tepat di lokasi acara, mengatur parkir tamu dan undangan yang datang, serta memastikan acara berjalan lancar dengan memantau kondisi selama acara berlangsung.

Hal itu juga diakui masyarakat yang hadir dalam acara syukuran tersebut. Bagi Irwan, pemandangan anggota PP aktif dalam kegiatan masyarakat bukan hanya sekali ini saja, melainkan sangat sering terlihat.

"Tentunya sebagai organisasi masyarakat, PP ini terlihat sangat bertanggung jawab terhadap perannya dan bersikap profesional dalam bekerja. Mudah-mudahan PP Bathin Solapan, PP Mandau, PP Pinggir dan khususnya PP Kabupaten Bengkalis lebih maju lagi," ujar Irwan saat berbincang dengan GoRiau.com.

Tak hanya itu juga, masih dikatakan Irwan, sekarang ini, Pemuda Pancasila telah bermetamorfosis menjadi Organisasi Kemasyarakatan dalam kiprahnya.

"selain menjadi garda terdepan dalam mempertahankan Ideologi Pancasila, juga turut berperan dalam keberhasilan pembangunan di Indonesia khususnya di Kabupaten Bengkalis," katanya lagi.

Sementara itu, Ketua MPC PP Kabupaten Bengkalis, Riki Rihardi, yang juga hadir dalam pertemuan itu menyebutkan Pemuda Pancasila, merupakan anak Bangsa yang memiliki kewajiban dalam memajukan daerahnya masing–masing.

"Anggota Pemuda Pancasila, ada di berbagai sektor profesi. Keluarga Besar Pemuda Pancasila menjadi Agen of Change di tengah-tengah masyarakat, sekaligus menjadi Solution Maker dengan menyumbangkan pemikiran-pemikiran yang dapat membantu mengatasi permasalahan Bangsa," ujar Riki.

Dalam kesempatan yang sama Dankoti Bengkalis, Jasmi didampingi Sekjen Koti, Adex, juga berharap agar Pemuda Pancasila dapat menjadi inspirasi bagi organisasi-organisasi lainnya.

"Khususnya dalam menjaga ketertiban dan keamanan melalui peningkatan sumber daya manusia sebagaimana semboyan Pemuda Pancasila 'Sekali Layar Terkembang, Surut Kita Barpantang'," kata Jasmi. ***