PEKANBARU – Riau Expo 2022 yang dilaksanakan di lapangan Purna MTQ Pekanbaru, sejak 22 hingga 26 November 2022, mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Pasalnya, selain menampilkan stand dinas-dinas serta perusahaan di Riau, pada iven ini juga ikut melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ramainya masyarakat yang berkunjung ke Riau Expo tahun ini, juga berdampak pada peningkatan omset para pelaku UMKM. Bahkan, kenaikan omset para pelaku UMKM bisa melebihi 100 persen.

Seperti yang disampaikan oleh Randi, pelaku UMKM yang menjual kerajinan tangan pada Riau Expo tahun ini. Diakuinya, selama berjualan di Riau Expo, omsetnya naik tajam.

"Alhamdulillah, masyarakat ramai yang datang berkunjung dan juga berbelanja. Omset saya naik," kata Randi.

Menurut Randi, dalam sehari ia mampu meraih omset hingga rata-rata Rp1 juta. Dengan menjual barang kerajinan tangan seperti tempat tisu, sendok nasi dari tempurung, tempat pena hingga tanjak.

"Omsetnya setiap hari kira-kira Rp1 juta, kalau berjualan diluar Riau Expo sangat jauh. Paling hanya laku satu atau dua buah saja," ujarnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Riau, Helmi D mengatakan, pada iven Riau Expo tahun ini pihaknya sengaja melaksanakan di area terbuka yakni lapangan Purna MTQ Pekanbaru. Hal ini juga agar banyak pelaku UMKM yang terlibat.

"Sebelumnya kami laksanakan di gedung, tahun ini dilapangan terbuka, tujuannya agar masyarakat dan pelaku UMKM bisa banyak yang terlibat. Dengan demikian, ekonomi Riau diharapkan bisa semakin bangkit," katanya. ***