PEKANBARU, GORIAU.COM - Belum cukup syarat formal sesuai dengan peraturan yang berlaku, tapi sudah diangkat sebagai kepala bidang di Dinas Pekerjaan Umum. Akibatnya, rekan kerja pun geleng-geleng kepala. Kok bisa ya? Sementara yang lain yang sudah memenuhi syarat justru tidak pernah diangkat.

Adalah nama Lilik E Prawati, Kepala Bidang (Kabid) Perumaheran dan Pemukiman (Perkim) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Riau yang membuat semua orang tercengang.

''Saat ini Buk Lilik masih memangku pangkat golongan III D. Tapi anehnya, kenapa bisa ya menjabat Kabid Perkim Dinas PU Riau yang dilantik pada waktu lalu. Aturanya itu jadi Kabid setidaknya golongan IV A. Selain itu, seingat saya Lilik hanya satu kali menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi),'' kata sejumlah PNS dilingkungan Dinas PU Riau yang enggan nama disebutkan, Rabu (15/5/2013).

Selain itu untuk menjadi Kabid seharusnya Kasi yang diangkat, mesti dua kali memangku jabatan di Kasi dengan jabatan yang berbeda. Sementara itu diketahui, Lilik yang kini menjadi Kabid Perkim hanya satu kali menjadi Kasi, yakni sebagai Kasi Perencanaan Program.

''Setahu kami, Lilik menjabat Kasi Perencanaan Program ini sudah lama. Yakni sudah 12 tahun dengan golongan III D. Tapi anehnya, dengan hanya sekali menjabat sebagai Kasi Perencanaan Program. Ternyata, kini bisa diangkat,'' terang mereka.

Sementara itu terkait dugaan ini, Kabid Perkim Dinas PU Riau Lilik E Prawati, Rabu (15/5/2013) mengakui, kalau dirinya memang menjabat sebagai Kasi sudah 12 tahun di Dinas PU Riau dengan golongan III D. Terkait pengangkatanya jadi Kabid Perkim, tentu secara otomatis akan disesuaikan.

''Tapi yang jelas, saya tidak masalah dengan pangkat atau jabatan. Karena, tidak punya kepentingan. Kalau dari Seksi jadi Kabid, itukan merupakan amanah saja. Dan sebagai Kabid Perkim di Dinas PU Riau sekarang ini, saya siap untuk melaksanakan program dengan benar sesuai ketentuan berlaku,'' ungkap Lilik.

Disinggung, terkait ada dugaan yang ditimpakan kepada dirinya hanya menjabat satu kali sebagai Kasi dan langsung menjadi Kabid. Dalam masalah ini, Lilik menjelaskan dugaan itu tidak benar sama sekali, sebab, dirinya sudah dua kali menjadi Kasi di bidang yang berbeda tapi tetap di lingkungan Dinas PU Riau.

''Saya ini sudah dua kali menjabat sebagai Kasi di Dinas PU Riau. Pertama itu, menjadi Kasi Bina Program sewaktu dulunya di struktur organisasi PU Riau ini ada Bidang Bina Program. Dan terakhir itu menjabat Kasi Perencanaan Program di Bidang Perkim. Dan begitu juga dengan pelatihan telah diikuti,'' katanya. (rdi)