PEKANBARU, GORIAU.COM - Hingga saat ini, 55 orang masih tercatat sebagai anggota DPRD Riau. Tapi gedung mewah DPRD Riau yang terletak di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Riau itu tampak sepi. Kondisi itu terlihat, Rabu (15/5/2013) hari ini. Berdasarkan pantuan wartawan yang ngepos di gedung ini, kondisi ini sudah sering terjadi. Namun Selasa (14/5/2013) masih terdapat tiga anggota dewan.

Kondisi sepinya Gedung DPRD sejak Selasa (14/5) hingga Rabu (15/5) sore. Sebelumnya, pada hari Selasa (14/5/2013) siang, masih tampak Riky Hariansyah, Gumpita, dan Tony Hidayat. Tapi, Rabu (15/5) tidak ada satu pun anggota DPRD.

Salah seorang staf di Sekretariat Dewan (Sekwan) Riau tidak mau namanya diekspos mengatakan sejak Selasa (14/5/2013) tiap komisi di lembaga ini serta pimpinan DPRD Riau melakukan observasi. Komisi A DPRD Riau ke Banten, Komisi B DPRD ke Menado, Komisi C ke Aceh dan Komisi D ke Yogya.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Riau Zulkarnain Kadir yang dihubungi melalu selulernya, Selasa (14/5/2013) membenarkan anggota DPRD Riau melakukan observasi. Namun, sebutnya masalah berangkat secara serentak kalangan anggota DPRD Riau itu merupakan keputusan Banmus.

''Ini sudah merupakan keputusan Banmus. Kalau di dalam masalah ini Setwan Riau tidak ada kaitannya. Sebab tugas dari Setwan Riau ini hanya menyediakan serta menyiapkan akomodasi yang dibutuhkan kalangan anggota DPRD Riau seperti yang terjadi sekarang ini,'' katanya menjelaskan. (rdi)