JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sudah mengumumkan tiga nama bakal capres yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Sebagai informasi, ketiga nama bakal capres itu ialah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Andika Perkasa. Terkait hal ini, pengamat politik Zaki Mubarak menyebut Surya Paloh sudah menyiapkan tiga paket cadangan.

Adapun salah satunya ialah duet Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Andika Perkasa. "Partai NasDem dan PKS setuju dengan dua nama ini," ujar Zaki, Sabtu (25/6/2022).

Namun, yang menjadi PR besar ialah Andika harus menambah dukungan dari partai politik. "Sebab, koalisi Partai Nasdem-PKS masih belum mencukupi dan ini tidak mudah meski elektabilitas Andika bagus," jelasnya.

Jika yang maju Anies-Andika, Partai Demokrat tak akan berkoalisi dengan Partai Nasdem-PKS. Sebab, Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ingin anaknya yakni Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) maju pada Pilpres 2024.

"Pak SBY memberi harga mati, harus AHY sebagai cawapresnya," jelasnya.***