PANGKALAN KERINCI -Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 di Kabupaten Pelalawan, Riau, akan segera dimulai dalam waktu dekat.

Penerimaan siswa baru dilaksanakan secara bertahap untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada bulan Juni dan Juli mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pelalawan, Martias M.Pd mengatakan, Disdikbud telah menetapkan jadwal PPDB tahun 2021 untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Dasar (SD).

"Sistemnya masih tetap seperti tahun lalu, karena masih pandemi Covid-19," terangnya.

Lebih lanjut Martias menjelasksan, penerimaan siswa didik baru untuk tingkat SD dimulai pada 28 sampai 30 Juni mendatang, masa pendaftaran dan penyerahan berkas dan dilakukan verifikasi serta validasi data calon siswa.

Selnjutnya, pengumuman akan disampaikan pada 1 Juli dan dilanjutkan dengan pendaftaran ulang pada 2 dan 3 Juli mendatang.

Untuk tingkat SMP, pendaftaran dilaksanakan pada 21 sampai 24 Juni. Kemudian dilakukan proses verifikasi dan validasi data pada 25 sampai 26 Juni.

Pengumuman akan dijadwalkan pada 28 Juni dan akan dilanjutkan dengan pendaftaran ulang hingga 30 Juni.

"Untuk pembagiannya sudah jelas, porsi jalur zonasi lebih banyak. Jadi calon siswa akan mengisi sekolah yang lebih dekat dengan rumahnya untuk pemerataan," jelas Martias, Selasa (15/6/2021).

Jalur penerimaan siswa baru terdiri dari empat jenis yakni jalur prestasi bagi siswa yang memiliki nilai bagus dan berprestasi. Kemudian jalur zonasi yang ditetapkan berdasarkan jarak tempat tinggal calon siswa ke sekolah terdekat.

Selanjutnya jalur afirmasi yaitu siswa yang kurang mampu secara ekonomi. Terakhir jalur perpindahan orangtua atau wali dari suatu daerah ke daerah lain akibat pekerjaan.***