DUMAI - Untuk mengoptimalisasi layanan pendaftaran kunjungan bagi keluarga atau masyarakat yang ingin membesuk warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kota Dumai, tak perlu antri, tinggal sms melalui nomor telpon 082385772277.

Demikian hal itu disampaikan Kepala Rutan Kelas IIB Kota Dumai, M Lukman kepada GoRiau.com, Rabu sore (21/9/2016). Namun sebelum melakukan sms, pihak keluarga atau pengunjung terlebih dahulu mengisi formulir untuk didaftarkan disistem on-line SMS Auto Respon (SAR) di rutan.

"Mulai bulan Agustus program ini sudah berjalan. Penumpukan pengunjung pun tidak terlihat lagi dan lebih teratur saat ini. Pengunjung yang sudah terdaftar, mendaftarkan kunjungannya pada hari itu juga setelah pukul 08.00 WIB," jelasnya.

Setelah mengirim pesan kunjungannya, contoh: nama yang akan dikunjungi dan jumlah yang akan mengunjungi. Setelah itu, pengunjung mendapatkan notifikasi balasan berupa sms yang menginformasikan nomor antrian tiket kunjungan.

"Pendaftaran melalui kunjungan sms ini, ditutup oleh sistem pada pukul 14.00 WIB. Dimana jadwal kunjungan Senin sampai dengan Kamis pukul 09.00-11.30 WIB dan 13.30-15.00 WIB. Hari Sabtu 09.00-11.30 WIB. Sementara Jumat dan Minggu tidak ada kunjungan," ulasnya di ruang kerjanya.

Dengan adanya program ini pengunjung erasa lebih cepat dan mudah. Pembuatan program ini atas kerjasama Rutan Kelas II B Dumai dengan STMIK-AMIK Dumai.

"Rata-rata pengunjung dalam sehari sekitar 150 orang. Dengan adanya sistem ini, akan mempermudah pengawasan terhadap pengunjung yang datang ke rutan," tutupnya. ***