PEKANBARU - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Komisaris Utama (Komut) dan Calon Direksi Bank Riau Kepri (BRK), mengumumkan 14 nama yang lolos seleksi administrasi, Selasa (29/10/2019). Dari total 27 orang yang melamar, 9 orang dari Riau dan 5 orang dari DKI Jakarta.

Hal itu dikatakan Ketua Pansel Calon Komit dan Calon Direksi BRK, Ahmad Syah Harrofie kepada GoRiau.com. Untuk perpanjangan calon direktur utama (dirut) dan komut BRK, akan diumumkan lebih lanjut.

"Untuk calon komut dan dirut, menunggu hasil konsultasi terlebih dahulu," kata Ahmad Syah yang juga menjabat sebagai Pj Sekdaprov Riau.

Berdasarkan Berita Acara Pansel Nomor: 14/PANSEL/BRK/2019 tanggal 28 Oktober 2019, baru dua orang yang melamar sebagai Dirut BRK, yakni DR Ir H Andi Buchari MM dan Hendra Buana SE MM. Diperpanjangnya calon dirut, dijelaskan Ahmad Syah, sebab syaratnya minimal ada 3 orang yang lolos seleksi administrasi.

"Calon komisaris utama ada 6 orang dan semuanya tidak ada yang lolos. Calon direktur utama dari 5 orang yang melamar, hanya 2 orang yang lolos. Calon direktur dana dan jasa yang melamar ada 10 orang dan yang lolos 7 orang. Calon direktur operasional ada 6 orang yang melamar dan yang lolos 5 orang," ungkapnya.

Selanjutnya uji kelayakan dan kepatutan khusus untuk direktur dana dan jasa, serta direktur operasional dilaksanakan di Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Jakarta tanggal 7 November sampai 8 Bovember 2019.

Nama calon Direktur Dana dan Jasa BRK, yaitu Afrid Wibisono ST MM, Andi Mulya SE, Khaerul Fata STP, M Jazuli SE MSi Akt, MA Suharto SE, H Nizam SE MM Ak CA, dan Yuharman SE. Sedangkan nama calon Direktur Operasional BRK, yakni Denny Muliya Akbar SE, Ikhwan SE, Nusyirwan SE, Said Syamsuri SE MM, dan Tugiantoro SE MAkt SAS. ***