DURI - Keberadaan harimau sumatera di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, yang terlihat oleh masyarakat di Desa Petani dan Kelurahan Air Jamban, belum lama masih menjadi misteri. Penampakan harimau sumatera oleh masyarakat, belum bisa dipastikan kebenarannya hingga saat ini.

"Kita (BBKSDA Riau, red) belum bisa spekulasi, apakah itu benar harimau sumatera atau itu hanya kucing besar," ujar Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Supartono saat dikonfirmasi GoRiau.com, Minggu (3/1/2016) siang.

Ia juga menceritakan tahun 2012 lalu, anggota BBKSDA pernah melihat macan dahan ada di Kecamatan Mandau. Tapi hingga saat ini keberadaannya belum terlihat lagi.

"Saat ini anggota dilapangan terus memantau perkembangan diduga harimau sumatera yang terlihat oleh masyarakat. Sampai saat ini keberadan yang diduga harimau sumatera belum terlihat oleh anggota dilapangan," katanya.

Ia juga meminta kepada masyarakat untuk tidak panik dengan adanya kejadian ini. "Yang penting waspada. Tetap lanjutkan aktifitas sehari-hari. Kalau memang ada terlihat (harimau sumatera atau kucing besar, red) segera laporkan ke BBKSDA Riau," tutup Supartono menjelaskan.***