PEKANBARU, GORIAU.COM - Pemprov Riau melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau 'menyisipkan' Rp23 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi tahun 2014 untuk pemeliharaan seluruh venue dan infrastruktur pendukung yang berada di bawah naungan Pemprov Riau.


Nominal tersebut lebih dilekatkan kepada pemeliharaan, pembersihan, keamanan, listrik dan sebagainya yang rutin difungsikan kepada masing-masing venue dan infrastruktur pendukung tadi setiap tahunnya.


"Kita usulkan Rp23 miliar untuk pemeliharaan gedung serta sarana dan prasarana penunjang venue," kata Kasi Pengembangan Sarana dan Prasarana Dispora Riau, Khairul Rizal kepada GoRiau.com.


Terdata sebanyak 23 venue ditambah sarana dan prasarana yang menjadi tanggungan Pemprov Riau saat ini. Sementara yang lainnya merupakan pembangunan yang dilakukan perusahaan-perusahan besar yang berada di Riau, salah satunya seperti lapangan tenis di PTPN V, Jalan Rambutan, Pekanbaru, Riau.


Pembersihan dan keamanan untuk masing-masing venue dinilai sangat diperlukan mengingat sarana dan prasarana olahraga eks Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 tersebut akan difungsikan untuk jangka panjang.


Ditambah dalam hal keamanan, penjarahan barang-barang berharga yang melekat pada Venue Lapangan Menembak, Rumbai sepanjang tahun ini harus menjadi perhatian lebih ke depan.(tri)