PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan membangun dua bangunan menara atau tower untuk perkantoran terpadu di Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru. Bangunan ini sekaligus akan menyatukan area perkantoran antar OPD di Kantor Gubernur Riau.

Tower perkantoran ini nantinya akan dibangun setinggi 7 lantai dan 12 lantai. Untuk akses kedua gedung ini juga ‚Äčakan dibangun jembatan penghubung dengan konsep skybridge atau jembatan layang.

"Ya, nanti kita bangun. Agar tidak ada lagi kantor dinas-dinas yang tercecer lagi, contohnya kayak Dinas Pariwisata, Dekranasda, tercecer jauh dari Kantor Gubernur Riau. Nantinya akan ada enam dinas yang akan masuk ke perkantoran," kata Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, Rabu (19/1/2022).

Sebelum pembangunan dua tower perkantoran Pemprov Riau di Jalan Cut Nyak Dien itu dimulai, sejumlah perkantoran seperti Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Pendidikan serta Inspektorat akan dibongkar.

Kegiatan perkantoran di instansi yang akan dibongkar itu nantinya akan ditempatkan di sejumlah gedung lainnya, seperti di Jalan Kuantan, Ronggo Warsito.

Tidak hanya itu, pembangunan dua bangunan tower itu nantinya juga akan menyasar perumahan warga di sekitaran Jalan Pepaya.

"Untuk perkantoran sebelum dibongkar nanti dihitung dulu nilainya. Nanti dilelang. Untuk rumah warga kita lakukan ganti rugi. Sistem anggaran multiyears," jelas Sekdaprov. ***