PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menerima penghargaan Kinerja Tertinggi, berdasarkan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaran Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2017. Penghargaan ini diterima langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus pada peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-23 yang diselenggarakan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis malam (25/4) lalu, dalam bentuk piagam dan trofi.

"Alhamdulillah, kita mengucapkan terimakasih, Kota Pekanbaru menerima penghargaan Kinerja Tertinggi secara Nasiona dari Kemendagri Rl," ujar Firdaus, Jumat, (26/4/2019).

Menurutnya, Kota Pekanbaru menempati peringkat ke-4 secara nasional, sebagai kota dengan tata kelola pemerintahan terbaik tahun 2017. Secara keseluruhan, Mendagri RI memberikan penghargaan tersebut kepada 3 gubernur, 10 walikota, dan 10 bupati di Indonesia.

"Nilai LPPD dari Kota Pekanbaru sangat tinggi, sehingga kita ada diperingkat ke empat. Pekanbaru memperoleh nilai 3,3489," jelasnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/08052019/penghargaa-8071.jpg

Firdaus mengatakan, pencapaian Kota Pekanbaru sudah sangat tinggi dibandingkan tahun 2016 lalu, yang hanya diperingkat 51. Bahkan, dalam peraihan penghargaan ini, Kota Pekanbaru berhasil memiliki nilai tertinggi di Sumatera.

Iapun menjelaskan, tingginya pencapaian Kota Pekanbaru kali ini merupakan sebuah prestasi yang diupayakan oleh semua pihak. Oleh karena itu, ia juga menuturkan bahwa terimakasih atas kerjasama dan kerja keras semua pihak.

"Terimakasih juga kepada semua yang telah bekerjasama, baik eksekutif dan legislatif serta masyarakat. Tentunya untuk mendapatkan prestasi ini butuh proses yang panjang dan kerja keras semua pihak," paparnya.

Sementara itu, Firdaus juga disebutkan akan menerima apresiasi lain berupa penghargaan tertinggi dari Presiden RI. Penghargaan tersebut adalah Anugrah Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha dalam hal pengelolaan manajemen pemerintahan.(adv)