SIAK - Pelabuhan Tanjung Buton di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau salah satu akses masuknya warga negara asing (WNA) ke wilayah Riau. Untuk itu, Pemkab Siak harus memperketat pengawasan terhadap jalur kedatangan orang yang dikhawatirkan sudah terinveksi virus Corona.

Bupati Siak, Alfedri menegaskan setiap penumpang kapal yang masuk dari pelabuhan Tanjung Buton wajib dicek dahulu suhu badannya oleh petugas kesehatan pelabuhan yang sudah standby di sana.

"Ini bagian dari usaha kita, Pemkab Siak mengantisipasi penyebaran Virus Corona dari pelabuhan penumpang dan barang di Tanjung Buton dan Mengkapan," ujar Alfedri kepada GoRiau.com, Senin (23/3/2020).

Dijelaskan Alfedri, Pemkab Siak sudah melakukan kerjasama antara Dinas Perhubungan dan KSOP untuk pemeriksaan suhu tubuh penumpang di Pelabuhan Tanjung Buton.

Sementara untuk pelabuhan barang juga akan dilakukan pengecekan kesehatannya, melalui petugas kesehatan pelabuhan dan KP3.

"Masyarakat jangan panik, namun kita himbau untuk tetap menjaga kesehatan dengan pola makan yang sehat serta kurangi aktivitas di luar rumah. Biasakan mengenakan masker jika sedang berada di luar rumah dan jaga jarak dengan orang lain," kata Bupati. ***