PANGKALAN KERINCI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan mengumumkan penerima beasiswa pendidikan tahun 2020 sebanyak 1.362 orang.

Jumlah mahasiswa tersebut direkrut dari sejumlah perguruan yang ada di dalam maupun luar Provinsi Riau.

Bantuan diberikan kepada mahasiswa yang sedang menempuh perkuliahan untuk program Strata 1 (S1), Diploma 3 (D3), dan Diploma 2 (D2).

Setiap mahasiswa menerima besaran dana yang berbeda berdasarkan strata pendidikan di kampus apabila memenuhi persyaratan yang ditetapkan Pemda.

"Pekan lalu penerimanya sudah kita umumkan secara resmi di website maupun secara manual," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Pelalawan, H Akmamul Hadi, Selasa (1/12/2020).

Akmamul Hadi menyebutkan, total mahasiswa yang berhak menerima bantuan pendidikan sebanyak 1.361 orang. Pencairan dilakukan dengan sistem transfer ke rekening tanpa ada pembayaran cash.

Dengan rincian mahasiswa program Strata 1 (S1) eksakta mencapai 469 orang, S1 non eksakta 815 mahasiswa, kategori berprestasi ada 12 orang, program Diploma lll 48 orang, dan Diploma ll sebanyak 17 orang.

"Untuk S1 dapat Rp 3 juta satu orang. Mahasiswa D3 dan D2 menerima Rp 2 juta. Ini bantuan pendidikan, bukan beasiswa," ungkapnya.

Sesuai besaran itu akan ditentukan jumlah penerimaan berdasarkan jumlah yang diterima masing-masing mahasiswa.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi calon penerima yakni nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) eksakta minimal 2,75 dan non eksakta 3,25. Kemudian maksimal semester 10 dan sederet persyaratan lainnya.

"Awal Desember ini kita bayarkan melalui transfer ke rekening masing-masing penerima," tandas Akmamul Hadi. ***