PANGKALAN KERINCI -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan memberikan diskon Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) sebesar 50 persen bagi masyarakat yang mengikuti program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2022.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pelalawan, Devitson Saharuddin, Kamis (20/1/2022) mengatakan, diskon BPHTB diberlakukan mulai Januari ini.

"Iya, Pak Bupati meminta ini kembali diberlakukan untuk diskon PBHTB. Ini dimulai," ungkapnya, kepada GoRiau.com

Lanjut Devitson, Pemkab Pelalawan memberikan diskon BPHTB sebesar 50 persen untuk program PTSL 2022 guna meringankan beban masyarakat.

GoRiau Kepala BPKAD Kabupaten Pelalaw
Kepala BPKAD Kabupaten Pelalawan, Devitson Saharuddin. (foto-farikhin)
Diskon PBHTB juga sudah pernah diberlakukan pada tahun 2021 lalu dan kini diberlakukan kembali mulai Januari hingga Desember mendatang.

"Ini untuk mengakomodir masyarakat kurang mampu. Adanya program PTSL ini pun menjadi potensi pendapatan pada sektor BPHTB," ujar Devitson.

Bupati Pelalawan, H Zukri sebelumnya menyampaikan sudah 70 persen masyarakat di Kabupaten Pelalawan mengantongi sertifikat tanah gratis yang diterbitkan oleh BPN melalui program PTSL.

"Diharapkan tiga tahun kedepan program PTSL ini sudah menyasar 90 persen lebih masyarakat Pelalawan," katanya.

Tahun 2021 lalu, Kabupaten Pelalawan memperoleh jatah PTSL sebanyak 31 ribu lebih yang menyasar di sejumlah desa yang ada di beberapa kecamatan.

"Saya berharap, selama kepemimpinan saya dengan Pak Nasar yang hanya berdurasi lebih tiga tahun, program PTSL ini bisa menyentuh nantinya, diangka 90 persen. Artinya, kedepan tanah masyarakat, apakah itu kebun, tapak-tapak rumah sudah memiliki sertifikat," terang Bupati Zukri.***