SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dalam hal ini Bagian Tata Pemerintahan Sekda Meranti menggelar Workshop Pelaporan dan Pengisian Indikator Kinerja Kunci Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (IKKLPPD), kegiatan dalam rangka memberikan pemahaman sekaligus menyatukan persepsi tentang pengisian laporan KKLPPD Pemerintah Daerah, dipusatkan di Aula Afifa Sport Selatpanjang, Selasa (30/7/2019).

Hadir dalam kegiatan itu Wakil Bupati Meranti Drs H Said Hasyim, Kabag Tata Pemerintahan Sekdakab Meranti Jhon Hendri S.STP, Narasumber Armentantia dari BPKP Provinsi Riau, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kasubag Program tiap SKPD, Para Camat dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Wabup menilai kegiatan yang dilaksanakan ini sangat penting dalam rangka memberikan pemahaman kepada setiap OPD dalam penyampaian laporan capaian kinerja secara menyeluruh sebagai tanggung jawab kinerja, sekaligus sebagai evaluasi penyelenggaran pemerintah daerah oleh pemerintah.

Sejauh ini jika melihat Nilai Akuntabilitas Pemkab. Meranti yang dikeluarkan oleh Kementrian PAN-RB, sudah baik dengan meraih Nilai SAKIP 'B' dan kedepan Pemkab. Meranti telah menargetkan Nilai SAKIP 'A'. 

Namun penyelenggaraan pemerintahan yang baik tanpa didukung oleh kemampuan penyajian pelaporan pemerintahan yang baik tentu secara adminsitrasi hasilnya berbeda.

Seperti diketahui Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) merupakan salahsatu mekanisme pertanggungjawaban pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dalam kegiatan ini nantinya peserta yang terdiri dari Kasubag Program ditiap OPD akan diberikan pengetahuan oleh nara sumber Armentatia dari BPKP. Provinsi Riau mengenai tata cara Pengisian Indikator Kinerja Kunci Laporan Penyelenggaraan Pemerintan Daerah (IKKLPPD). Diharapkan dengan Workshop ini akan memudahkan pemda dalam penyampaian laporan capaian kinerja secara menyeluruh yang menjadi tanggungjawabannya. (rls)