BENGKALIS, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah mempersiapkan beasiswa khusus bagi kelompok masyarakat Komunitas Adat Terpencil. Diharapkan dengan program beasiswa khusus tersebut, warga KAT bisa termotivasi untuk sekolah, tidak hanya pada tingkat SD melainkan pada level yang lebih tinggi.

''Saya berharap kepada para orangtua dari Suku Akit agar mau menyekolahkan anaknya ke pendidikan yang lebih tinggi. Dengan demikian keberadaan suku Akit tidak terus terbelakang,'' ujar Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh kepada sejumlah wartawan usai membuka Festival Budaya Suku Akit di Rupat, Minggu (25/8).

Melalui pendidikan, kedepan akan muncul generasi warga KAT yang bisa menjadi anggota dewan, guru bahkan duduk di pemerintahan. Semua itu bisa dapat diraih, melalui pendidikan. Bahkan tanpa didukung oleh sumberdaya manusia yang berkualitas, upaya untuk memajukan Kabupaten Bengkalis cukup sulit.

''Bagaimana mungkin kita bisa memajukan daerah ini, kalau pendidikan kita masih rendah dan anak-anak kita masih malas sekolah. Pemerintah akan mengupayakan setiap anak suku asli agar jangan tertinggal, mereka harus jadi anak pintar dan cerdas,'' ujarnya lagi.

Kalau pada hari ini ada anak-anak suku akit yang lulus sekolah menengah atas (SMA), sambung Bupati, dirinya akan mendorong untuk melanjutkan pendidikan di Akademi Komunitas Negeri Bengkalis. Di akademi ini, anak-anak akan dilatih dan dididik selama dua tahun agar memiliki keterampilan dan keahlian khusus di bidang pengelasan dan instalasi listrik.jfk