PEKANBARU - Pengurus Provinsi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (Pengprov PRSI) Riau, menggelar 'Riau Open Championship Tahun 2021' di Kolam Renang Sport Center Rumbai, Pekanbaru, selama dua hari, 27-28 November 2021.

Perlombaan ini diikuti oleh 2000 nomor dan dihadiri oleh atlet dari klub-klub renang yang ada di Riau dan luar Riau seperti, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan.

Ketua Pengprov PRSI, Zulkifli Indra, mengatakan, perlombaan ini merupakan bagian dari upaya pihaknya melakukan pembinaan prestasi kepada para atlet yang ada di bumi lanang kuning ini.

Perlombaan ini, jelas Zulkifli, memperlakukan sistem promosi dan sistem degradasi, sehingga bagi atlet Riau yang bisa menunjukkan bakatnya akan diberi pelatihan oleh pelatih yang 'qualified'.

"Pelatih ini ada yang dari lokal, ada yang internasional, pelatihnya kami pastikan objektif, tidak punya kepentingan dengan golongan atau emosional daerah asalnya," ujar Anggota Komisi V DPRD Riau ini, Minggu (28/11/2021).

Disampaikan Zulkifli, Pemprov Riau sudah menetapkan renang sebagai Cabang Olahraga (Cabor) unggulan dalam pembinaan prestasi. Makanya, pertandingan seperti ini akan terus diperbanyak, baik di tingkat kabupaten kota maupun provinsi. Rencananya, setiap enam bulan sekali ada satu perlombaan.

"Kita semuanya dana dari sponsor, ada yang dari Pertamina, ada yang dari Bank Riau Kepri, dan sponsor lainnya. Selain Riau Open ini, juga ada Kampar Open, Siak Open. Ada Kejurkab/kota, Kejurprov, disamping Porprov dan Porkab," tuturnya.

Zulkifli juga mengapresiasi klub-klub renang yang sudah berani menggelar kejuaraan, meskipun ada aturan dan ketentuan di AD/ART yang diabaikan. Namun, itu dianggapnya sebagai bentuk dinamika yang harus terus dijadikan pelajaran kedepannya supaya tak terulang lagi.

Lebih jauh, Anggota DPRD Riau Dapil Rokan Hilir ini mengungkapkan saat ini ada 450 orang atlet yang tumbuh berkembang di Riau, diantaranya ada yang berprestasi internasional seperti Azzahra Permatahani yang ikut kancah olimpiade Tokyo 2021, ada juga Vanessae Evato yang mengukir prestasi di Asian Games.

"Semoga perlombaan ini bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi untuk masa depan, yang mampu mengharumkan nama daerahnya," tutupnya. ***