JAKARTA -- Sejak awal menjadi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ternyata mempelajari agama Islam.

Dikutip dari okezone.com, Shin Tae-yong mengakui dirinya belajar Islam saat diwawancara eksklusif oleh media asal Korea Selatan, Sportal Korea, pada awal Februari 2020.

Shin Tae-yong mengatakan, sangat penting baginya mempelajari budaya Islam, karena mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama tersebut. Hal itu dimaksudkan supaya Shin Tae-yong dapat menyusun program latihan yang tidak berbenturan dengan waktu ibadah para pemain Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong pun menghormati keputusan pemain yang memilih menjalankan shalat lima waktu tak lama setelah azan berkumandang.

''Sejak awal, saya mencoba memahami budaya Islam. Ada seorang dokter di Jakarta yang merupakan penganut agama Islam. Saya memintanya untuk bercerita soal agama Islam selama kurang lebih tiga jam,'' kata Shin Tae-yong mengutip dari Sportalkorea, Jumat (7/1/2022).

''Saya belajar hal soal Islam dari sana, terutama bagian-bagian mana yang harus diperhatikan. Saya berjanji kepada pemain dan pelatih (lokal) untuk terus menghormati waktu beribadah mereka,'' lanjut Shin Tae-yong.

''Saya juga akhirnya tahu ibadah itu bisa dilakukan pada waktu tertentu. Saya melakukannya dengan baik tanpa merasakan ketidaknyamanan dalam latihan,'' tegas juru taktik 51 tahun tersebut.

Setelah dua tahun membesut Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengenal betul budaya dan karakter masyarakat Indonesia Karena itu, Shin Tae-yong pelan-pelan mengembalikan gairah sepakbola Tanah Air lewat Timnas Indonesia. Terbaru, Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia finis runner-up Piala AFF 2020 meski hanya mengandalkan pemain-pemain muda.***