DURI - Polsek Mandau berhasil meringkus 4 orang pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) modus pecahkan kaca mobil, Senin (28/10/2019) siang di Kota Dumai.

Pelaku diamankan saat akan melakukan aksi pencurian di parkiran Bank BRI Kota dumai, Jalan Anggur Timur, Kelurahan Rimba Sekampung.

Keempat pelaku merupakan warga Kecamatan Batin Solapan dan Mandau, Kabupaten Bengkalis. Mereka pria berinisial SS (31), DS (45), PR (55) dan SP (25).

Korban pertama, Yanti (32) karyawan PT Petronesia Benimel. Uang yang baru diambilnya dari Bank BNI Cabang Hangtuah senilai Rp 219.430.000 dan ditambah Rp 6.000.000 memang sudah ada di dalam tas dicuri pelaku saat korban tengah memesan makan siang di Ampera Siti jalan Hangtuah, Kamis (10/10/2019) lalu.

"Pelaku memang sudah mengintai korban sejak dari bank. Sehingga saat korban sedang memesan makanan, dan seketika itu pula tas berisi uang yang diletakkan di bawah bangku depan samping supir raib dibawa pencuri," kata Kapolsek Mandau, Kompol Arvin Hariyadi SIK, Selasa (29/10/2019).

Untuk korban yang kedua juga modusnya hampir sama. Korban Fideria (25) karyawan PT Candra Citra Sarana kehilangan Rp 230 juta yang baru saja diambil dari Bank Mandiri.

"Saat korban singgah makan siang di RM Bunga Raya, pelaku melakukan aksinya. Korban melihat dua orang mengendarai sepeda motor yang mencuri tas berisi uang di dalam mobilnya. Korban ini merupakan kasir di perusahaan tempat dia bekerja," ujar Kapolsek.

Dari keterangan Saksi serta pelapor ini, tim Polsek Mandau mencurigai pengemudi sepeda motor Sonic yang melintas di jalan Sudirman Duri. Setelah diikuti, ternyata menuju kota Dumai dan berdialog dengan orang di parkiran Bank BRI Dumai.

"Melihat gerak gerik mereka yang mencurigakan, kita terus mengikutinya. Saat pengendara sepeda motor sonic memisahkan diri dari mobil xenia hitam dan parkir berjarak 200 meter dari Bank BRI Rimba Sekampung, tim kita menangkap pengendara sepeda motor sonic berinisial DS," kata Kapolsek.

DS mengakui bahwa dia akan melakukan pencurian terhadap nasabah Bank BRI Rimba Sekampung - Dumai. Dia juga mengaku telah melakukan pencurian dengan modus pecah kaca di wilayah Duri sebanyak 2 kali dibantu oleh 3 orang temannya yang ada di dalam mobil xenia hitam yang sedang parkir di Bank BRI Rimba Sekampung.

"Tiga pelaku lainnya juga langsung kita tangkap, mereka SS, PR dan SP. Saat penangkapan SS sempat melawan jadi langsung dikasih tindakan keras terukur," sebut Kapolsek. ***