JAKARTA - Sejumlah pasien di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, menyampaikan kesan mereka soal layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial alias BPJS Kesehatan, usai kunjungan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Jokowi mendadak ingin melihat layanan BPJS ketika berkunjung ke Riau.

Salah satu pasien yang juga peserta BPJS yaitu Misran, yang mendapatkan pelayanan pada penyakit jantung yang dideritanya. Misran mengaku mendapatkan pelayanan yang baik, tapi berharap pihak RSUD dapat meningkatkan pelayanan lebih baik lagi.

"Ya baik (pelayanannya), cuman nampaknya dari pagi antrean yang lama di sini, juga nanti waktu ambil obat juga lama,” kata Misran dalam keterangan resmi Istana, Rabu (4/1/2023).

Sementara itu, pasien lain mengungkapkan bahwa pelayanan dengan menggunakan BPJS di sana berjalan baik. “Pelayanan di rumah sakit bagus karena ini operasi kan, enggak jauhlah nunggunya, seminggu itu langsung operasi, enggak lama dua minggu langsung fisioterapi di sini,” ujar salah satu pasien BPJS yang mendapatkan pelayanan fisioterapi.

Jokowi mendarat di Riau pada Rabu siang, untuk pertama-tama menuju Pasar Bawah. Namun dalam perjalanan, Presiden meminta untuk berkunjung ke salah satu RSUD yang ada di Kota Pekanbaru. “Presiden ingin melihat pelayanan BPJS di RSUD,” ucap Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Di RSUD Arifin Achmad, Jokowi langsung meninjau ruang perawatan kelas III. Di sana tampak beberapa pasien anak yang dirawat dengan fasilitas BPJS. "Saya cek tadi mulai dari pendaftaran, kemudian di pelayanan untuk obat, kemudian naik di pelayanan di kamarnya. Saya bertanya ke beberapa dilayani dengan baik," ujar Jokowi di agenda berikutnya, yaitu peresmian Tol Pekanbaru - Bangkinang.

Tidak hanya di Pekanbaru, Jokowi berharap setiap rumah sakit di Tanah Air baik milik pusat, provinsi, kabupaten/kota, maupun swasta yang melayani pasien BPJS dapat memiliki standar pelayanan yang baik. "Karena sekarang tidak seperti yang dulu BPJS telat bayar, sekarang enggak, BPJS memiliki duit yang cukup untuk membayar tepat waktu," kata dia.***