SIAK SRI INDRAPURA - Menjelang jembatan Dermaga Sandar Roro Tanjung Buton Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, Riau diperbaiki, pelayanan angkutan barang, mobil dan truk sementara waktu akan dialihkan ke pelabuhan Sungai Selari, Bengkalis.

Hal itu dikatakan Gubernur Riau Syamsuar kepada wartawan saat meninjau jembatan Dermaga Sandar Roro Tanjung Buton yang ambruk, Selasa (17/9/2019) malam. 

"Kita sudah lakukan kordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis. Pada prinsipnya Bupati Bengkalis setuju dengan syarat sesuai dengan kapasitas muatan angkutan Roro di Sungai Selari," katanya. 

Pengalihan pelayanan ke pelabuhan sungai Selari ini, menurut Syamsuar dapat membantu kelancaran arus barang dan orang dari Riau menuju ke Meranti, kepulauan Riau, Sumatera Barat dan Jambi. 

Syamsuar juga sudah menugaskan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau untuk mengecek bagaimana kondisi konstrukai Pelabuhan Roro Tanjung Buton ini. Sehingga kedepannya pelayanan di Pelabuhan ini bertambah baik.

"Selain memperbaiki konstruksinya agar lebih baik, segala saran yang sekarang dibutuhkan termasuk lahan parkir juga nanti akan diperluas lagi. Apalagi kini banyak mobil yang bermalam di Pelabuhan Tanjung Buton ini," sebut Syam lagi.

Lumpuhnya dermaga penyeberangan Roro Tanjung Buton ini, kata Syam, akan mempengaruhi turunnya arus barang dan orang yang masuk ke Siak, Riau.

"Kita juga sudah hubungi Dirjen Perhubungan Darat dan Mohon bantuan melalui program tanggap bencana karena di Kementerian Perhubungan juga ada program tanggap bencana. Sehingga nanti dapat membantu pemerintah provinsi Riau," ujarnya lagi.***