BANGKINANG, GORIAU.COM - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Kabupaten Kampar mulai membuka pendaftaran calon legislatif DPRD Kampar untuk mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang.

"Pendaftaran Caleg 2014 DPC Partai Demokrat Kampar mulai dilaksanakan hari ini, Senin (04/02/2013) hingga Kamis (28/2/2013) mendatang," ujar Ketua DPC PD Kabupaten Kampar Hj Eva Yuliana SE melalui Sekretaris Dewi Hadi Kasmon SE didampingi Ketua Panitia Penjaringan Caleg Arif Rahman Hakim SE saat dikonfimasi, Senin (04/02/2013), di Bangkinang.

Dikatakan Arif, pendaftaran dapat dilakukan setiap hari kerja, Senin hingga Sabtu di Kantor DPC Demokrat Kampar, di Jalan Letnan Boyak, di Bangkinang.

Sesuai dengan petunjuk Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Riau, perekrutan caleg di Partai Demokrat akan tetap memberikan kesempatan dengan mendahulukan kader dari Partai Demokrat.

"Partai Demokrat memberikan kesempatan kepada tokoh masyarakat maupun tokoh pemuda," sebut Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kampar.

Adapun persyaratan sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan minimal calon berpendidikan minimal setingkat sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA).

"Bakal calon juga harus melampirkan foto kopi KTP dan membuat kartu tanda anggota partai," terangnya.

Ketika ditanya bagaimana mekanisme penetapan daftar Caleg Partai Demokrat Kampar, pria yang juga anggota Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Kampar itu menjelaskan, setelah nama-nama bakal calon yang mendaftar, nama tersebut lalu dibahas dalam rapat partai.

"Kita akan rekrut sesuai mekanisme, yang terpenting bersih  dari jeratan  hukum. Yang sedang dalam status tersangka juga kita hindari," ucap Arif.

Ketika ditanya bagaimana antusiasme masyarakat Kampar untuk mendaftarkan diri sebagai Caleg DPRD Kampar dari Partai Demokrat, Arif mengatakan sejauh ini sangat antusias.

"Sesuai dengan target dan instruksi Ketua DPD PD Riau dan DPC PD Kampar, Partai  Demokrat Kampar minimal menargetkan meraih 16 kursi pada Pemilu 2014 mendatang," kata Arif.(rif)