PEKANBARU, GORIAU.COM - Cabang panahan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI Riau akan memulai pertandingan perdananya di lapangan panahan komplek Universitas Islam Riau, Senin (8/10/2012). Dua emas dari nomor recurve putra dan putri bakal diperebutkan pada hari pertama cabang tersebut.


''Technichal meeting sudah kami laksanakan, Sabtu (6/10/2012) pagi. Cabang panahan memperebutkan 20 emas yang dibagi 10 putra dan 10 putri,'' ujar Ketua Panpel Panahan, Isnorijal.


Cabang ini menurut Isnorijal, hanya diikuti 10 provinsi yaitu DIY, Jateng, Kalsel, Kalteng, Riau, Kaltim, Jatim, Kalbar, Sumsel dan DKI Jakarta. ''Dari 10 provinsi itu total pesertanya 46 orang atlet paralimpian,'' jelas Isnorijal.


Jawa Tengah paling banyak menurunkan atlet dengan tujuh putra dan satu putri. Kemudian diikuti Kaltim dengan enam putra dan satu putri. Sementara yang paling sedikit adalah DKI Jakarta dan Sumsel yang hanya menurunkan satu atletnya.


Sedangkan tuan rumah Riau sendiri menurunkan lima atlet andalannya yaitu Teguh Sutrisno, Joko Wiyono, Nanang Wijanarko, Musahari (putra) dan Lusia Kismiati (putri). ''Kami akan berupaya memberikan yang terbaik bagi Riau. Mohon doa restu masyarakat Riau. Soal lawan berat tetap saja atlet dari Jawa seperti Jateng dan Jatim,'' ujar Teguh mewakili teman-temannya. Cabang panahan yang dimulai 8-12 Oktober, di venue panahan, Kampus UIR, Marpoyan. (nti/rsc)