PEKANBARU- Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli  Hasan, mengaku tidak mempermasalahkan Gubernur Riau, Syamsuar yang lebih memilih menjadi Ketua Golkar ketimbang bertahan di PAN.

Disampaikan Zulkifli, PAN bersaing di Pilgubri 2018 lalu untuk kemajuan Riau, bukan malah untuk bermusuhan. Dan dia berharap, Syamsuar tetap mau bekerjasama dengan PAN dalam membangun Riau.

"Kami dukung bapak dulu karena kami ingin Riau maju, Kalau Riau gak maju, kami malu pak. Makanya kepentingan pribadi itu harus dibawah kepentingan masyarakat. Kawan-kawan di PAN harus mendukung gubernur," kata Wakil Ketua MPR RI ini, Minggu (24/10/2021) usai pelantikan DPW PAN Riau.

Politisi yang akrab disapa Zulhas ini mengakui, dirinya sengaja mengundang Syamsuar hadir dalam pelantikan DPW PAN Riau, supaya jangan sampai terkesan ada permusuhan antaram sesama ketua partai.

"Ya gapapa jadi Ketua Golkar, Pak Airlangga juga dekat sama saya, sahabat saya. Pak Surya Paloh, Buk Megawati, semua sahabat saya. Berkompetisi itu biasa, kadang kita bersama, kadang tidak, kader PAN harus matang soal ini, harus dewasa," terangnya.

Zulhas juga tidak menutup kemungkinan akan mengusung Syamsuar-Edy di Pilgubri 2024 mendatang, asalkan pasangan ini bisa membangun Riau lebih baik.

"Itu semua kan bisa diukur, kita tanya ke masyarakat  nanti. Kalau bagus kata masyarakat,  dan pembangunannya bagus, kan siapa tahu. Bisa barengan lagi. Syukur-syukur Pak Syam sama Pak Edy masih kompak, kalau bermusuhan ribut sana sini, tak bagus juga," terangnya.

Zulhas juga menitipkan Fraksi PAN di DPRD Riau kepada gubernur, dan Fraksi PAN harus mendukung gubernur dalam membangun Riau ini. Kritik boleh tapi harus kritik cerdas.

"Titip DPRD kami ya pak gubernur, DPRD harus dukung gubernur, tapi jangan lupa pokir, DPRD juga bilang ke masyarakat, bahwa pokir ini dibantu gubernur. Itu baru bagus," katanya.

Sebagai informasi,  Syamsuar-Edy Natar diusung oleh PAN (7 kursi), Nasdem (3 kursi), dan PKS (3 kursi). Koalisi ini akhirnya berhasil mengalahkan Partai Golkar yang selalu menang di Pemilu Riau.***