PEKANBARU - Ribuan masyarakat terlihat antusias menghadiri perhelatan budaya yang bertajuk 'Ruang Kita Festival II' yang ditaja Dinas Pariwisata (Dispar) Riau, yang laksanakan di Laman Bujang Mat Syam komplek Bandar Seni Raja Ali Haji Purna MTQ Pekanbaru mulai tanggal 2-7 Desemver 2019.

Dari sekian banyak pameran yang ditampilkan, yang paling digandrungi oleh kaum hawa adalah stand pameran Bunga Bonsai. Pameran Bonsai ini memang bagian dari iven Ruang Kita Festival II.

"Setiap hari itu, minimal 50 sampai 70 pengunjung datang ke pameran bonsai ini. Mayoritas yang datang para kaum ibu,"jelas Wendi, salah seorang pemilik stand dari puluhan stand bonsai yang ada di iven ini.

Dia mengungkapkan, ada puluhan jenis bonsai yang dipamerkan. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Riau Raja Yoserizal Zen mengungkapkan, pihaknya memang memberikan kesempatan kepada komunitas apa pun untuk berkreasi di iven ini."Termasuk para komunitas Bonsai ini,"jelasnya, Sabtu (7/12/19).

Dia berharap, iven ini tidak hanya mengangkat sektor ekonomi kreatif saja, namun juga memberikan kepuasan bagi masyarakat untuk menikmati sajian yang diberikan dalam iven ini. Terutama, dengan adanya penampilan komunitas di daerah ini.

Pada kesempatan itu dia juga menyampaikan, atensi masyarakat dalam mendukung kegiatan Ruang Kita Fesitival tersebut. Ini dibuktikan dengan ribuan masyarakat yang datang menyaksikan beragam pertunjukan selama iven ini berlangsung.

"Ruang Kita Festival kali ini menyuguhkan berbagai agenda khusus, seperti Kenduri Musik dan Riau Islamic Art Festival. Selain itu ada juga bazar kuliner, pameran bonsai, pameran foto dan lukisan, parade lagu daerah, gelar seni multi etnis, cek kesehatan gratis dan lomba mewarnai tingkat anak-anak dan lainnya. Jadi wajar saja masyarakat sangat atensi untuk datang menyaksikannya,"ungkap Raja Yose. ***