SELATPANJANG - Pelaksana tugas Kepala BPBD Kepulauan Meranti M Edy Afrizal SE MH bersyukur pemadaman Karlahut di Desa Mekarsari Kecamatan Merbau mendapat bantuan dari Lurah Teluk Belitung Khamsiatun SHum dan masyarakat. Bahkan lurah yang sudah tidak muda itu ikut sampai ke lokasi kebakaran.

"Ibu Lurah Belitung tadi ikut turun lapangan untuk membantu pemadaman," kata Edy Afrizal.

"Masyarakatnya juga peduli, mereka juga ikut memadamkan api di lahan," tambah Edy.

Diceritakan Edy, lahan yang terbakar di Kecamatan Merbau itu adalah di Desa Mekar Sari. Untuk luasan lahan terbakar, Edy mengakau belum bisa menghitungnya.

Guna membantu pemadaman itu, BPBD Kepulauan Meranti menurunkan 8 personil ditambah peralatan pemadaman. Tidak menemui kendala berarti di lapangan, tim berhasil menjinakkan api, hingga Sabtu (4/6/2016) sore.

"Sekarang apinya sudah padam. Kita masih proses pendinginan," kata Edy Sabtu malam.

Edy juga mengaku Sabtu siang mereka betul-betul memadamkan api secara manual. Sebab, hujan deras yang mengguyur Kota Selatpanjang tidak sampai ke Mekarsari. "Di Mekarsari tidak hujan, hanya gerimis," ungkap Edy.

"Semoga besok api sudah tidak ada, sehingga tim bisa pulang ke rumah masing-masing untuk makan sahur puasa pertama bersama keluarga. Tapi kalau masih terbakar, kita siap di lapangan," kata laki-laki yang akrab dipanggil Panglime Edy itu lagi. ***