BANGKINANG - Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto meresmikan PT Kencana Agro Persada di Desa Benca Kelubi, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau, Jumat (6/9/2019).

Dari pantauan GoRiau.com, peresmian pabrik minyak kelapa sawit ini terlihat dihadiri anggota DPR RI M Nasir, Forkompimda Kampar, ninik mamak, tokoh masyarakat Benca Kelubi serta undangan lainnya. Kedatangan rombongan Bupati Kampar disambut oleh Direktur dan Dewan Komisaris Utama PT. Kencana Agro Persada, Mulyanto.

Pada kata sambutannya, Mulyanto dihadapan ratusan tamu undangan, pihaknya berjanji akan membantu masyarakat setempat melalui program CSR atau berupa bantuan lainnya. Selain itu, dirinya yakin dengan berdirinya pabrik ini bisa menambah pendapatan keuangan daerah.

"Dengan adanya pabrik pengolahan kelapa sawit ini, akan mampu memberikan manfaat, terutama menampung tenaga kerja yang banyak, terutama kepada masyarakat setempat. Kami juga siap membantu masyarakat melalui dana CSR atau berupa bantuan lainnya," ucapnya.

Dari keterangan Kepala Bidang Kehumasan PT. Kencana Agro Persada, Sunarti, pabrik ini seluas 40,12 hektare. Sementara tenaga kerja dari warga tempatan sekitar 200 orang.

Sementara itu Bupati Kampar memaparkannya bahwa ada 2,4 juta lahan kebun sawit di Riau. Dan Kampar memiliki 522 ribu hektar atau 20 persen lebih.

Untuk itu, Catur Sugeng Susanto ini meyakini keberadaan pabrik pengolahan minyak kelapa sawit memiliki dampak multi efek dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kampar.

Ia juga memberikan apresiasi positif kepada pengusaha yang telah mendirikan pabrik di wilayah Kabupaten Kampar.

"Ada 39 unit pabrik kepala sawit, 22 unit PKS berada di Kecamatan Tapung. Keberadaan PKS ini sangat berdampak baik serta memiliki multi efek dan dalam hal ini pemerintah daerah mendukung penuh upaya-upaya pengusaha PKS dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Kampar," kata Catur.

Selanjutnya anggota DPR RI, M Nasir berharap dengan adanya pabrik ini dapat menambah perekonomian masyarakat. Ia juga berpesan Pemda terus mendukung pembangunan yang ada di Kecamatan Tapung dan juga pembangunan pabri-pabrik lainnya yang ada di Kabupaten Kampar. ***