BAGANSIAPIAPI - Untuk meningkatkan penerimaan zakat, Ketua Komisioner Baznas Rokan Hilir Riau, Ustaz Baharudin mengunjungi UPZ (Unit Pengelola Zakat) Kecamatan Palika (Pasir Limau Kapas) sekaligus mensosialisasikan wajib zakat.

Ustaz Baharudin, Selasa (18/2/2020) didampingi Firdaus SAg Ketua UPZ yang juga Kepala KUA Kecamatan Pasir Limau Kapas menyebutkan, sosialisasi dilaksanakan berkaitan kewajiban membayar zakat.

''Unit Pengelola Zakat atau UPZ adalah ujung tombak Baznas di kecamatan. UPZ juga lebih banyak mengetahui siapa saja ymustahak yang bisa menerima penyaluran zakat,'' ujar Baharudin.

Menurut Baharudin, penerimaan Baznas Rohil dari waktu ke waktu meningkat. ''Jika dana zakat terkumpul meningkat maka mustahak sebagai penerima zakat otomatis meningkat pula,'' terangnya.

Ketua Komisioner Baznas Rohil ini menuturkan, penyaluran bantuan zakat disalurkan untuk bea siswa, orang duafa atau miskin, orang sakit dan bantuan usaha berupa modal untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Khusus UPZ Kecamatan Pasir Limau Kapas, juga diminta untuk mendata dan mendapatkan gambaran serta membuatkan data calon penerima zakat. ''Sebagian masyarakat yang membuka usaha sangat membutuhkan modal usaha, terutama untuk yang kurang mampu,'' terang Firdaus SAg.

Firdaus menyebutkan, dengan bantuan modal dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan fungsi zakat dari waktu ke waktu. ''Tadi saya sampaikan, Ketua Baznas Rohil akan menyalurkan modal usaha dari penyaluran zakat,'' terang Ketua UPZ sekaligus kepala KUA setempat. ***