JAKARTA - Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam yang akan dipimpin Chef de Mission (CdM) Ferry J Kono resmi dikukuhkan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari. Pengukuhan digelar di Hall A Senayan, Jakarta, Minggu (08/05/2022).

"Dengan mengucap Bismillah dan memohon rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa pada 8 Mei 2022, saya Raja Sapta Oktohari atas nama Komite Olimpiade Indonesia dengan ini mengukuhkan Tim Indonesia SEA Games 2021 Vietnam. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa meridai, melindungi, dan memberikan kekuatan," kata Okto, sapaan Raja Sapta, pada upacara pengukuhan, Minggu (8/5).

Acara tersebut turut dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali. Hadir pula Komite Eksekutif (KE) NOC Indonesia Rafiq Hakim Radinal, Indra Gamulya, Teuku Arlan Perkasa Lukman, serta Bendahara Umum NOC Indonesia Tommy Hermawan Lo.

Dalam sambutannya, Menpora Zainudin Amali menyebut Indonesia hanya mengirimkan para atlet yang berpotensi menorehkan prestasi di SEA Games 2021. Ada pengurangan jumlah atlet secara signifikan dari yang berlaga di SEA Games 2019 Manila.

Pada SEA Games edisi ke-31 ini, Tim Indonesia mengirimkan 499 atlet serta 214 official yang terlibat pada 32 cabang olahraga (cabor). Kontingen dipimpin langsung oleh Ferry yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal NOC Indonesia.

Menpora Zainudin mengatakan pengiriman kontingen ke ajang SEA Games menggunakan skema baru, yakni mengacu pada prestasi olahraga nasional sebagaimana amanat Presiden RI Joko Widodo.

"Arahan Presiden Joko Widodo meminta kepada kami untuk melakukan review total tentang ekosistem pembinaan prestasi nasional langsung diwujudkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2022 yang sebelumnya didahului dengan Peraturan Presiden (Perpres) salah satu pembeda antara SEA Games sebelumnya (2019), kira-kira berkurang hampir 50 persen. Kami meyakini yang diberangkatkan benar-benar (atlet) berprestasi," tambah Zainudin.

Zainudin Amali mengatakan, ajang SEA Games Vietnam ini harus dijadikan sebagai persiapan menghadapi event yang lebih besar, seperti Asian Games dan Olimpiade 2024 Paris.

"Mulai sekarang mimpi atlet itu harus Olimpiade. Namun, kami tetap mengirimkan ke SEA Games untuk mempersiapkan diri ke Kualifikasi Olimpiade Paris 2024," ujar Menpora Zainudin Amali.

Sementara itu, CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Ferry J Kono, menyampaikan keberangkatan atlet akan dilakukan secara bertahap.

"Keberangkatan bertahap mulai 3-12 Mei. Beberapa cabor sudah berangkat, seperti pencak silat, golf, futsal, dan sepak bola, rowing, dan catur. Masih ada 24 cabor lainnya. Indonesia dijadwalkan mengikuti upacara pembukaan SEA Games 2021 yang diwakili 30 atlet,” kata Ferry. ***