PEKANBARU - National Paralympic Committee (NPC) Riau melakukan klasifikasi disabilitas bagi para atlet yang akan bertanding di ajang Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI Papua, pada tanggal 2 hingga 15 November 2021 mendatang.

Ketua NPC Riau Jaya Kusuma mengatakan, klasifikasi meliputi klasifikasi baru kecacatan, peninjauan kecacatan dan konfirmasi kecacatan. Dimana, sesuai dengan klasifikasinya, para atlet dapat dipertandingkan di kelas yang sesuai.

"Hasil klasifikasi ini menentukan kelas-kelas dalam setiap nomor pertandingan cabang olahraga, baik tingkat kecacatan ringan hingga berat," ujar Jaya Kusuma, Kamis (9/9/201).

Jaya menjelaskan, seluruh atlet atlet NPC Riau yang dipersiapkan akan turun bertanding di 9 cabang olahraga. Ada 9 cabang olahraga yang Riau ikuti, diantaranya cabang atletik, renang, badminton, panahan, tenis meja, catur serta, menembak.

Sementara panitia tim Klasifikasi Kecacatan atlet Peparnas Riau, Dairul Khairul mengatakan, ada sekitar 160 atlet NPC Riau yang mengikuti klsasifikasi.

"Untuk tiga jenis kecacatan yang membedakan peserta olahraga para games, yakni tuna daksa, tuna netra dan tuna grahita," jelas Dairul.

NPC Riau berharap melalui klasifikasi ini para atlet dapat lolos untuk selenjutnya fokus mempersiapkan diri menghapi Peparnas Papua yang berlangsung awal November 2021. ***