JAKARTA - Lini masa Twitter dibanjiri ucapan kehilangan setelah PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) mengumumkan untuk mengakhiri operasional BlackBerry Messenger mulai 31 Mei 2019.

Selain menyampaikan ucapan terima kasih, netizen juga membanjiri lini masa dengan berbagai kenangan saat masih menjadi pengguna setia BBM.

@raziqnazqua "The end of an era.. Thank you @BlackBerry for giving me joy through #blackberrymessenger. RIP".

@Mozes_Sosa "Thank you BBM for your services.#TimetoSayGoodbyeBBM#BlackberryMessenger#BBM".

Ads
@almubarak "Per 31 Mei, layanan Blackberry Messenger (BBM) secara resmi ditutup. Semua orang bakal kangen masa-2 "minta pin-nya donk." #RIPBBM". @suryafeb "PING! Terimakasih BlackBerry Messenger .. yg sempat mjd sarana komunikasi utama saya kala itu @BBM #BlackBerryMessenger".

Emtek sebagai pemegang lisensi BBM untuk konsumen mengumumkan jika layanan pesan instan tersebut akan berhenti beroperasi mulai 31 Mei mendatang.

"Time to Say GOOD BYE. BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan BBM di Indonesia," tulis pesan tersebut kepada pengguna BBM.

Emtek memastikan layanan BBM yang diakhiri merupakan versi konsumer. Seiring dengan pengumuman ini, BlackBerry mengumumkan bahwa platform pesan singkat BBM Enterprise (BBMe) tetap tersedia untuk kalangan konsumen dan bisa diunduh dalam waktu dekat untuk pengguna Android dan iOS dengan skema berbayar.

"Kami menghormati keputusan Emtek, kendati kami kecewa karena platform tidak bisa tumbuh seperti yang diharapkan," terang Chief Marketing Officer BlackBerry Mark Wilson seperti dikutip Crackberry.***