PEKANBARU, GORIAU.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan batal mendarat di Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (8/10/2015) hari ini. Saat ini Presiden sudah berada di Sumatera Barat dan direncanakan menginap di salah satu hotel di Kota Bukittinggi.


"Batal, kemungkinan besok (Jumat, red)," kata Kepala Biro Humas Setdaprov Riau, Darusman, Kamis (8/10/2015) di Pekanbaru.


Dikatakan Darusman, diperkirakan Presiden ke Riau Jumat (9/10/2015) besok menggunakan helikopter. Karena memang, jika melalui darat, harus menempuh 6-7 jam perjalanan.


Namun Darusman belum mendapat kepastian dimana lokasi pendaratan Presiden. "Jika cuaca cerah, kemungkinan mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, dan langsung menuju Rimbo Panjang (Kampar)," terangnya.


Namun jika kondisi asap tebal, kemungkinan Presiden hanya meninjau Riau dari atas untuk kemudian langsung kembali ke Sumbar. "Itu yang masih belum pasti, ada juga info kalau tidak mendarat, ya cuma melihat di atas saja kemudian balik arah," papar Darusman.


Kedatangan Presiden Jokowi ke Riau banyak menimbulkan pro dan kontra. Ada yang mengharapkannya datang dan ikut melihat serta merasakan derita asap yang sudah satu bulan lebih dirasakan masyarakat Riau.


Ada juga yang menolak kedatangan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Karena banyak yang beranggapan kedatangan Presiden tidak akan menghilangkan kabut asap jika tanpa 'action' dan serta tindakan tegas terhadap pelaku pembakaran.


Sebelumnya, seluruh pihak terkait sudah melakukan persiapan penyambutan kedatangan Presiden Jokowi di VVIP Lancang Kuning dan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Kamis (8/10/2015) pagi.***