BAGANSIAPIAPI - Museum Tionghoa milik Pemkab Rohil yang terletak di komplek perkantoran Batu 6 Bagan Punak Kecamatan Bangko Rokan Hilir Riau, Selasa (4/2/2020) digasak maling. Pada peristiwa ini, pintu dan jendela rusak, pecahan kaca berserakan di lantai dan barang-barang di dalam bangunan raib dari tempatnya.

Dapat informasi Musium Tionghua di rusak dan barang-barang di dalambya raib Budiman ST Plt Kadis Pemuda dan Olahraga Rohil beserta staf lansung meninjau musium bersama stafnya.

''Saya dapat informasi langsung datang ke museum, kita cek kondisi terkini dan sudah melaporkanya ke Bupati dan Sekda,'' ujar Plt Kadis Pemuda dan Olahraga Rohil, Budiman ST.

Menurut Budiman ST, museum tersebut tidak ada petugas jaganya. Data yang dirangkum barang-barang yang hilang atau raib dibawa maling diantaranya koleksi foto, patung-patung, keramik, sepeda ontel, patung harimau dan barang antik koleksi lainnya.

Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Selasa (4/2/2020) membenarkan pihak sudah menerima informasi laporan dari Dispora Rohil. Setelah dapat informasi, kami langsung ke lokasi, kita selidiki,'' tegasnya.

Menurut catatan, kasus perusakan dan pencurian barang-barang antik di Museum Tionghoa juga pernah terjadi beberapa tahun lalu. ''Seingat kita, ini yang kedua kalinya,'' ujar Adi (32) dan beberapa warga Bagansiapiapi. ***