PEKANBARU - Sebanyak 1238 Jemaah Calon Haji (JCH) dari Kota Pekanbaru akan berangkat menuju tanah suci Mekkah tahun ini. Para jemaah ini terbagi dalam 5 Kloter (kelompok terbang, red) keberangkatan, untuk kloter pertama, yakni kloter 2 akan berangkat pada 8 Juli 2019 mendatang.

Hal itu diungkapkan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Pekanbaru Sarbaini Hasyim, Jumat, (14/6/2019). Ia menjelaskan, JCH ini akan berangkat melalui Bandara SSK II Pekanbaru, sebelumnya, mereka diinapkan di Embarkasi Haji Antara Riau.

"Jadi rombongan calon haji dari Pekanbaru akan berangkat tahun ini dalam 5 Kloter, ada yang berangkat bersama jemaah dari daerah lain di Riau," ujarnya.

"Dari Embarkasi, nanti mereka berangkat ke Batam melalui Bandara SSK II. Dari Batam kemudian terbang ke Arab Saudi," jelasnya.

Kemudian, untuk 4 kloter selanjutnya, masing - masing diperkirakan akan berangkat pada 9 Juli 2019 untuk kloter 4, kloter 5 pada 11 Juli, kloter 6 pada 12 Juli, dan kloter 20 pada 26 Juli 2019.

Sementara itu, Sarbaini menjelaskan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tidak lagi memberi bantuan dana ataupun tiket pesawat. Menurutnya, Pemko hanya memfasilitasi transportasi menuju Embarkasi dan bandara.

"Pemko tidak bisa lagi memberi bantuan, karena telah mendapat teguran BPK. Kita hanya fasilitasi kendaraan saja," ungkapnya.***